Loka Karya PPD : Jangan ada Markap Harga, dan Kwitansi Fiktip dikalangan Pemerintahan Desa

oleh -

Metrolacak.com, Wajo – Wakil Bupati Wajo H Amran SE, meminta partisipasi masyarakat untuk berperan aktif mengawal Dana Desa (DD) yang masuk di desanya.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Wajo saat menghadiri kegiatan Loka Karya Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) di Gedung PKK Wajo, Jl Ahmad Yani Sengkang, Wajo, Sulawesi selatan, Sabtu (25/05/2019).

Dana desa dibarengi pengelolaan yang baik serta perang aktif semua pihak dapat bermuara pada peningkatan pelayanan publik. 

Besaran dana bakal dikelola desa di tahun 2019 sebesar 119.030.007.000 untukDana Desa (DD) dan, sebanyak  83.317.675.000, Alokasi Dana Desa (ADD). 

Banyaknya anggaran digelontorkan bagi pembangunan di desa dibutuhkan ketelitian pihak pemerintah desa dalam pengelolaan dana demi kesejahteraan masyarakat. 

“Pemanfaatan dana desa tepat sasaran, dibutuhkan musyawara di desa guna melahirkan program pembangunan  di desa” terang Wakil Bupati Wajo H Amran. 

Suksesnya penyelenggaraan pembangunan di desa diawali administrasi dan perencanaan yang baik. 

“Kedepannya administrasi  lebih diperbaiki, termasuk  perbaikan  registrasi dan tidak ada markap harga,  dan  kwitansi fiktip dikalangan pemerintahan di desa ditiadakan” harap Wakil Bupati Wajo H Amran.

Kabupaten Wajo memiliki tenaga pendamping desa sebanyak 143 sesuai jumlah desa yang ada di Kabupaten Wajo,  dan tenaga ahli ada 6 orang yang diharapka  mampu menopang kinerja pemerintahan desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya

” Tiap desa ada Tenaga pendampig dan,  tenaga ahli ada 6 orang terbagi spesifikasinya,  termasuk salah satunya  Tenaga Ahli infrastruktur” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Kabupaten Wajo. 

Kegiatan Loka Karya Pembangunan desa bertujuan memberikan pencerahan penyelenggara pembangunan di desa,  termasuk kepala desa,  dan pendamping lokal desa.

Disamping  itu kedepan sangat dibutuhkan tenaga tenaga ahli di desa demi penguatan kelembagaan di desa sesuai rencana Bupati dan Wakil Bupati Wajo menuju Wajo Sejahterah. 

“Tujuan Loka Karya pembangunan desa merupakan langkah pemberian pencerahan bagi perangkat desa menuju pemerintahan desa Partisifatif,  transparan,  berkelanjutan dan tepat sasaran” terang Kepala Dinas PMD Kabupaten Wajo Syamsul Bahri. 

Turut hadir dalam kegiatan, pemerintah desa dan pendamping desa se Kabupaten Wajo sebagai peserta, dan narasumber profesional dari kalangan akademik dari Fisipol Unhas. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.