SMA KATOLIK CENDRAWASIH LAKSANAKAN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA

oleh -

MetroLacak.com, MAKASSAR — Sumpah pemuda memang jadi moment bersejarah yang punya peranan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia saat itu. Tak heran jika banyak yang antusias memperingati hari sumpah pemuda di setiap tanggal 28 Oktober.

Seperti halnya di SMA Katolik Cendrawasih Makassar telah berlangsung upacara hari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 2019. Sebagaimana yang tampak dalam gambar sejumlah guru, siswa dan kepala sekolah, berikut staf hadir mengikuti upacara di halaman sekolah.

Turut ambil alih sebagai inspektur upacara adalah kepala kantor yayasan Paulus Pastor Carolus Patampang, Pr.,SS.,Ph.d. Dalam sambutannya menyatakan bahwa hari sumpah pemuda ke-91 2019 adalah untuk mengenang semangat pemuda di masa lampau. Peringatan hari sumpah pemuda merupakan tonggak kesadaran untuk bersatu dalam tanah air, bangsa dan bahasa. Tak hanya itu saja, hari sumpah pemuda juga menjadi awal perjuangan untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Di Indonesia, berbagai macam suku, berbeda agama tidak bisa bersatu. Namun Indonesia telah membuktikan menyatakan keduanya dengan adanya Pancasila dan undang-undang dasar 1945 sehingga perbedaan tersebut, tetap terkontrol dan terarah untuk mencapai tujuan bersama rakyat Indonesia. Maka perbedaan sangatlah unik. Bukanlah tuhan yang maha kuasa telah menciptakan alam raga yang luas ini, dengan penuh keberagaman dan dalam kehidupan sehari-hari tentulah kita juga selalu bertemu dengan orang lain yang berbeda dengan orang kita.Baik itu sikap, hobi, pergaulan dan lain-lain. kita harus berpikiran positif selalu bahwa setiap orang punya seribu alasan untuk berbeda dan tidak sama dengan kita.

Lebih lanjut kepala SMA Katolik Cendrawasih Makassar Fr.Dionisius Kayus Abi Cmm S.Pd mengatakan bahwa hari sumpah pemuda adalah merupakan moment bersejarah yang takkan pernah terhapus dari lembaran perjalanan bangsa Indonesia. Sumpah pemuda yang digelar kala itu pantas dijadikan sebagai semangat kehidupan masa kini. Oleh karena itu, para anak didik diharapkan untuk meningkatkan semangat agar menjadi generasi penerus bangsa sehingga anak didik tersebut memiliki landasan, pondasi yang kuat untuk menghadapi segala tantangan.

Disamping itu, juga agar generasi bangsa memiliki kecerdasan beretika, berakhlak dan bermoral. (ABD.RAHMAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *