Presiden Jokowi Hadiri HPN Di Banjarmasin, Delegasi PWI Sidrap Berkesempatan Bertemu Presiden Dan Menteri

oleh -

Metrolacak.Com,Banjarmasin, Kalsel- Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 dipusatkan di Kompleks Kantor Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Banjarbaru, Sabtu (8/2/2020).

Presiden Joko Widodo datang bersama rombongan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Selain itu, sekitar 20 duta besar negara sahabat dan Ketua MPR dan DPR RI juga hadir.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan
pementasan tari kolosal Ayung Anak persembahan Sanggar Posko Labasari Kandangan, Banjarbaru.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, insan pers sangat berperan aktif dalam mendorong pembangunan di Bumi Lambung Mangkurat itu.

“Dan tema HPN 2020: Pers Menggelorakan Kalsel Gerbang Ibukota Negara menurut kami sangat tepat sekali,” ujar Sahbirin.

Sementara, Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh mengingatkan kepada wartawan dalam menyebarkan informasi senantiasa berpedoman pada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Sampaikan berita secara santun. Hindari berita bohong atau hoaks, karena hal ini sangat fatal dan dapat merugikan pihak-pihak tertentu,” papar mantan Mendikbud ini.

HPN 2020 yang dihadiri para guberbur dan bupati/walikota serta ribuan wartawan se Indonesia ini ditandai dengan lenandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PWI dan sejumlah lembaga oleh Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Adinegoro, sebuah prestisius bagi pekerja pers dalam berbagai kategori dari sejumlah media massa cetak, elektronik, dan online.

Begitu pula dengan penyerahan penghargaan anugerah kebudayaan kepada sejumlah kepala daerah di Kalsel.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya antara lain mengatakan, dia membelokkan pesawat yang menuju ke Camberra, Australia ke Banjarmasin, Kalsel, demi menghadiri HPN 2020.

“Karena wartawan adalah sahabat saya. Yang selalu ikut dgn saya, yang selalu menghadang saya don’t stop dan sering membuat saya gugup dan gagap adalah wartawan,” papar Jokowi diaplus meriah para hadirin.

Jokowi juga menyebutkan, bahwa pers memiliki peranan penting sebagai salah satu pilar negara dalam pembangunan dan penyebaran informasi kepada warga masyarakat.

“Informasi yang baik membutuhkan jurnalisme dan ekosiatem yang baik. Untuk itu, diperlukan industri pers yang sehat,” sebut Jokowi.

Usai memberi sambutan, Presiden melakukan pemukulan Tarbang Madihin sebagai tanda peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Kegitan HPN ini dirangkaikan dengan pelaksanaan Konvensi Media Massa se Indonesia di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin,sebanyak 11 orang Delegasi PWI Sidrap Enrekang diutus Ketua PWI Sidek, Edy Basri berkesempatan bertemu dan berpoose bersama presiden RI,Jokowi,Rombongan PWI Sidek di Pimpin Marno Pawessai juga sekertaris PWI Sidrap menginap di Hotel Roditha Banjar Baru.Selama 3 hari di HPN Banjarmasin PWI Sidek bayak menikmati panorama Pasar terapung keindahan , melihat pedagan jual beli di atas perahu Sungai Barito.(bahri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *