Melalui Mediasi, Bhabinkamtibmas Damaikan Dua Warganya Yang Bersengketa

oleh -

BONE – Bertempat di area kebun yang letaknya di dusun lawari desa Bolli, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Bhabinkamtibmas Polsek Ponre Polres Bone Bripka Andi Ikbal Rosani, telah melaksanakan kegiatan problem solving melalui mediasi untuk mendamaikan kedua belah pihak yang berselisih masalah batas tanah kebun, Sabtu (25/07/2020)

Perselisihan kedua belah pihak antara Lel. Senni, 80 thn, seorang petani, warga dusun Padang Loang Desa Bolli, dengan Per. Hj. Aisyah, 61 thn, warga dusun lawari Desa Bolli telah terjadi sejak lama pada 2019.

Menurut Bripka Andi Ikbal bahwa “perselisihan dan kesalahpahaman terjadi karena Lel. Senni selaku pihak pertama bersama anaknya menanami batas tersebut dengan tanaman rumput gajah. Dan pihak Perp. Hj. AISYAH sekeluarga tidak menerimanya. Dan tidak memperbolehkan ada tanaman di batas tersebut sebelum diperjelas dimana letak batas tanah mereka.

Dan baru pada hari ini atas kerja sama kedua Kadus yakni, Kadus Lawari Afrianto dan Kadus Padangloang Basri bersama Bhabinkamtibmas Desa Bolli Bripka Andi Ikbal, akhirnya kedua belah pihak Lel. Senni dan Per. Hj. Aisyah yang di wakili oleh Ngenre (Suami) dipertemukan dan didamaikan dengan jalan kekeluargaan.

Dimana Bhabinkamtibmas bersama Kadus Lawari dan Padang Loang mengambil jalan tengah dengan mematok batas tanah kedua belah pihak pas di tengah batas tanah yang dipermasalahkan untuk dijadikan talut jalan tani dengan catatan rumput gajah yang sudah tumbuh tetap dibiarkan sampai ada pengerjaan talut jalan tani”, ungkap Bhabinkamtibmas Desa Bolli.

Bhabinkamtibmas Polsek Ponre Bripka Andi Ikbal Rosani kembali menjelaskan “adapun hasil kesepakatan kedua belah pihak antara lain (1) Kedua belah pihak sepakat menyetujui Patok batas tanah yang sudah di tetapkan oleh Bhabinkamtibmas dan Para Kadus yakni Kadus Lawari dan Kadus Padangloang, (2) Rumput Gajah Lel.Senni selaku Pihak pertama tetap dibiarkan tumbuh selama tidak masuk di tanah milik Pihak Kedua Perp. Hj. Aisyah bersama suaminya yang batasnya sdh disepakati oleh kedua belah pihak, (3) Bila dikemudian hari Patok batas tanah tersebut yang sudah disepakati ada yang menggeser atau memindahkan. maka pihak tersebut baik pihak pertama maupun pihak kedua siap dituntut sesuai atauran hukum yang berlaku di Indonesia” jelasnya.

Hasil kesepakatan tersebut ditandatangani oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh Kadus Lawari Afrianto, Kadus Padangloang Basri serta keluarga dari kedua belah pihak yang berselisih.

Kapolsek Ponre Polres Bone Iptu Samanhudi mengatakan akan selalu mendukung kerja Bhabinkamtibmas dalam bekerja menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di wilayah binaannya melalui kegiatan problem solving sehingga mampu menjaga dan memelihara situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

“Problem solving adalah usaha untuk menyelesaikan setiap permasalahan masyarakat dan menjadi tanggung jawab Bhabinkamtibmas sebagai anggota Polri yang mengemban tugas pokok sebagai pelindung, pengayom dan selalu siap melayani masyarakat dalam keadaan apapun”. ucap Kapolsek Ponre.

Pelapor : SUFRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *