Eddy Siswanto, Penggunaan Dana BOS Yang Maksimal, Meningkatkan Kualitas Belajar

oleh -

Metro Lacak.Com, SULTENG – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), adalah dana rutin dari Pemerintah pusat lewat Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan RI, untuk di gunakan dalam pembiayaan delapan standar di semua sekolah yang ada di Republik ini. Baik SD, SLB, SMP, SMA/SMK sehingga kualitas pendidikan bisa meningkat. Rabu (29/7/2020)

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Palu, Drs. Eddy Siswanto, M.Si mengatakan penggunaan Dana Bos yang maksimal yang di sesuaikan dengan petunjuk teknis (Juknis) dalam merancang dan mengaplikasi kebutuhan sekolah yang dikenal dengan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS). Dalam membiayai standarisasi yang dikenal dengan delapan standar pendidikan sebagai rohnya.

Menurutnya saat ini BOS yang diturunkan di sekolah baik itu SLB, SD, SMP, SMA/SMK yang masing-masing biayanya persiswa sebagai berikut : untuk SLB Rp. 2.000.000,- /siswa/Tahun, SD Rp. 900.000,- / Siswa/Tahun, SMP Rp. 1.100.000,- / Siswa/Tahun, SMA Rp. 1.500.000,- /Siswa/Tahun, dan SMK Rp. 1.600.000,- / Siswa/Tahun. Penggunaannya harus benar sesuai peruntukannya sehingga bias dari BOS tersebut tidak menguap kata dia.

Saat ini banyak penggunaan Dana BOS yang dilakukan sekolah belum maksimal dan sistem manajemen tatakelolah keuangan BOS yang tidak koperatif dan tidak trasnparan kepada publik, sehingga banyak publik bertanya sudah sepertti apa penggunaan Dana BOS tersebut. Karena sasaran dari Dana BOS sudah jelas peruntukannya sehingga tidak ada temuan dalam hal penggunaannya.

Dengan begitu penggunaan BOS yang maksimal ada korelasi dengan peningkatan kualitas belajar pada siswa serta dapat menunjang proses belajar yang berkesinambungan yang berkelanjutan yang pada akhirnya akan menghasilkan outcam siswa yang berkualitas menguasai iptek serta didasari dengan pendidikan karakter yang terseurat sesuai dengan Visi dan Misi Presiden RI tentang nawa cita ungkapnya. (dir).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *