Baharuddin Andang Raih Gelar Doktor Administrasi Kebijakan Publik

oleh -

dengan Novelty “Model  Interaksi Trisipaka Solusi  Pengesahan APBD tepat Waktu

Metrolacak.com, Sidrap – Setelah mempertahankan disertasinya di hadapantim penguji : Direktur PPS UNM, Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd.(Selaku Ketua Sidang Sekaligus Penguji Kopromotor I), Prof. Amir Imbaruddin,M.DA.Ph.D. (Selaku Penguji Promotor), Dr. Muhlis Madani,M.Si.(Selaku Penguji Kopromotor II), Prof Dr. H. Muhammad Ramli, M.Si (Selaku Penguji Eksternal), Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si. (Selaku Penguji Internal), Ketua Program Studi S3 Ilmu Administrasi Publik Program Pasca  Sarjana Universitas Negeri Makassar. Prof. Dr. Rifdan, M.Si (Selaku Penguji Internal).

Dalam penelitiannya yang berjudul InteraksiDPRD dan Pemerintah Daerah dalam FormulasiKebijakan APBD Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Sidenreng Rappang, Baharuddin Andang dengan penuh keyakinan dan percaya diri memaparkan Novelty (Temuan baru) penelitiannyayang diberi nama Model Interaksi Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge sebagai Solusi  Pengesahan APBD tepat Waktu 15 tahun berturut-turut di Kabupaten Sdenreng Rappang.

Mengingat pentingnya peran kearifan lokal‘3Sipaka’ tersebut di atas maka penulismerekomendasikan Model Interaksi ‘3Sipaka’ dalamproses formulasi kebijakan sebagai  solusi agar pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah senantiasa tepat waktu, seperti yang terjadi di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Adapun desain model konseptual interaksi DPRD dan pemerintah daerah dalam formulasi kebjakanAPBD yang direkomendasikan dan diidentifikasi dengan terminologiSipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge”.  Berfungsi sebagai solusi pengesahanAPBD tepat waktu.

Gambar Rekomendasi Model Konseptual InteraksiSipakatau, Spakalebbi dan Sipakainge Solusi Pengesahan APBD tepat Waktu

Hasil penemuan tersebut mengantarkan  dosenIstititut Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrapdan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappangini berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Administrasi Kebijakan Publik di Universitas Negeri Makassar (UNM) dan sukses mencatat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,93. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *