Upaya Bhabinkamtibmas Kelurahan Latuppa Palopo, Binluh dan Patroli serta kerjasama warga Dalam Mencegah Tindak Pidana

oleh -

Palopo – Untuk Kota Palopo, Tindak pidana Pencurian sudah sering terjadi, Hal ini yang menjadi latar belakang Kepolisian, terkhusus Polres Palopo berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan Pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Palopo.

Upaya represif bukan merupakan solusi untuk mengatasi tindak pidana. Namun upaya preemtif dan preventif merupakan upaya yang paling efektif dengan cara melakukan pencegahan.

Pelaku menitik beratkan kepada masyarakat yang tidak memiliki kewaspadaan atau kesigapan yang cukup sehingga pelaku dapat melancarkan aksinya. Oleh karena itu, Bimbingan dan penyuluhan Bhabinkamtibmas polres Palopo perlu dilaksanakan.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Wara Kelurahan Latuppa Kota Palopo, Aipda Johan Tonglo menggunakan pendekatan kualitatif, dan mengumpulkan data pada warga binaan dengan wawancara dan pengamatan. Sabtu (24/9/2022)

“Kami sebagai Bhabinkamtibmas harus menguasai segala bidang dalam memberikan Bimbingan Penyuluhan pada warga agar bisa memberitahukan pada warg, langkah-langkah apa yang dilakukan dalam pencegahan terjadinya suatu Tindak Pidana seperti Pencurian” ujarnya.

“Selain melakukan Binluh Kamtibmas, saya harus melakukan Patroli secara berkelanjutan agar warganya merasa tenang dengan adanya kehadiran seorang Polisi serta mengantusipasi pelaku Tindak pidana untuk berbuat” tambahnya

Pada kesempatan tersebut pula, Johan juga meminta kepada warga agar bersama – sama mau peduli terhadap keamanan lingkungan dan bilamana ada sesuatu yang mencurigakan serta berkaitan dengan keamanan agar segera menginformasikan kepada pihak Kepolisian atau Bhabinkamtibmas,dan jangan mengambil tindakan sendiri yang nantinya dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.